Dua Nama Ini Berpeluang Sebagai Kandidat Dirut Pelindo Hasil Merger

380
foto: indonesiaport.co.id

Baru-baru ini Kementerian BUMN merombak Direksi Pelindo I-IV. Berbagai asumsi mengalir deras di balik perombakan itu.

Analisis yang muncul di tengah publik ialah nuansa politis menuju merger BUMN kepelabuhanan kian menguat pasca perombakan tersebut.

Hal itu sebagaimana diutarakan oleh Direktur Eksekutif The National Maritime Institute (Namarin) Siswanto Rusdi beberapa saat usai perombakan tersebut. Siswanto yakin bahwa perombakan Direksi Pelindo I-IV ini merupakan strategi jitu menuju merger BUMN.

“Isu merger ini sudah lama mengemuka. Saya bahkan meyakini Kementerian BUMN sudah mengantongi nama-nama yang bakalan menjadi Dirut di perusahaan merger tersebut,” kata Siswanto, Rabu (17/3).

Pengamat maritim yang dikenal kritis tersebut memperkirakan mantan Direktur Utama (Dirut) Pelindo I, Dani Rusli Utama,  berpeluang kuat sebagai orang nomor satu di perusahaan merger tersebut. Dani Rusli Utama baru saja digantikan oleh Prasetyo sebagai Dirut Pelindo I.

Selain Dani Rusli Utama, Siswanto menyebut nama Dirut Pelindo II Arif Suhartono juga berpotensi besar sebagai nakhoda di perusahaan merger kepelabuhanan itu.

“Jadi menurut saya ada dua nama, antara Dani Rusli Utama dan Arif Suhartono. Kita tinggal tunggu kocokan Menteri BUMN saja,” seloroh Siswanto.

Kementerian BUMN telah merombak jajaran direksi PT Pelindo II. Posisi direktur keuangan yang tadinya dijabat oleh Yon Irawan digantikan oleh Mega Satria yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Keuangan PT Bukit Asam (Persero) Tbk.

Selanjutnya posisi Direktur Utama Pelindo III yang sebelumnya dipegang oleh U. Saefudin Noor, kini harus bergeser ke tangan Boy Robyanto. Sebelumnya Boy menjabat sebagai Direktur Teknik Pelindo III.

Jabatan direktur teknik kemudian diisi oleh Kokok Susanto yang sebelumnya adalah Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo III. Selanjutnya, posisi Kokok digantikan oleh Yon Irawan, Mantan Direktur Keuangan Pelindo II.

Berita Lainnya  Dalam Waktu Dekat, Jasa Marga Berlakukan Tarif Terintegrasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated

Kementerian BUMN juga resmi mengangkat Ady Sutrisno sebagai Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menggantikan almarhum M. Asyhari.

Siswanto menganalisis bahwa akhir tahun atau awal tahun depan, proses merger ini akan terealisasi. Pasalnya, skema demi skema telah berjalan mulus, salah satunya dengan perombakan Direksi Pelindo I-IV ini.

“Dengan skema ini akan semakin mulus proses merger yang sudah lama diwacanakan. Dan, para Direksi Pelindo I-IV yang baru dirombak ini pasti juga akan menyiapkan langkah-langkah untuk menuju merger,” pungkasnya.(SP)