Kementerian Pariwisata Dukung Esports Untuk Menjaring Wisatawan Mancanegara

392
Kementerian Pariwisata Dukung Esports Untuk Menjaring Wisatawan Mancanegara
Kementerian Pariwisata Dukung Esports Untuk Menjaring Wisatawan Mancanegara

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung industri esports atau olahraga elektronik untuk dikembangkan, lantaran memiliki potensi yang luar biasa untuk mendatangkan devisa ke Indonesia di era digital saat ini. Demikian yang disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio saat menerima audiensi Ketua Indonesia E-Sports Premiere League (IESPL) Giring Ganesha di Gedung Sapta Pesona (7/1/2020). “Potensi esports ini bisa dikembangkan dari sisi industri kreatif, selain itu juga berpotensi menarik wisatawan, bila penyelenggaraanya dikemas dengan baik,” ujar Menparekraf.

Secara umum perkembangan esports di tanah air sangat menjanjikan. Buktinya akan bergulir Piala Presiden Esports (PPE) 2020 dalam waktu dekat. Presiden Joko Widodo pun sejak awal sangat mendukung event ini untuk dikembangkan sekaligus agar dikaitkan dengan wisata olahraga (sport tourism).

Kementerian Pariwissta Dukung Esports Untuk Menjaring Wisatawan Mancanegara
Kementerian Pariwisata Dukung Esports Untuk Menjaring Wisatawan Mancanegara

Pengembangan Esports ini juga melibatkan potensi yang dimiliki oleh generai muda. Bukan saja dalam melibatkan diri sebagai altlet. Esports juga bisa mendongkrak potensi  pengembangan game – game lokal yang dibuat oleh anak bangsa.

Esports  memiliki masa depan yang cerah. Indonesia memang sudah harus serius mengembangakn olahraga virtual ini. keseriusan itu bisa ditunjukkan dengan makin banyak menggelar kejuaraan esports internasional  di negeri ini. Apalagi jika event seperti ini bisa diselenggarakan di kawasan destinasi pariwisata unggulan. Maka acara ini pun dapat mendatangkan banyak turis dari manca negara.

Itu sebabnya, Menteri Wishnutama mendorong agar, event esports berskala internasional ini bisa masuk kedalam  calender of event pariwisata nasional. “Acara seperti ini diharapkan dapat menarik wisatawan mancanegara datang ke Indonesia sebagaimana penyelenggaran Asian Games 2018,”ujarnya.

Sementar itu , Ketua Indonesia E-Sports Premiere League (IESPL) Giring Ganesha menjelaskan, pihaknya akan menyelenggarakan event esport bertaraf internasional, dengan pesertanya berasal dari negara-negara di ASEAN.

Berita Lainnya  Di Lombok Barat PLN Kembangkan Pelet Sampah Untuk Pembangkit Listrik

Tahun ini diharapkan akan lebih banyak lagi peserta yang berpartisipasi dalam PPE 2020. Sebagai perbandingan, pada 2019 peserta yang  mengikuti kejuaraan ini 15 ribu pemain. Tahun ini diperkirakan mencapai 157 ribu. Event ini melombakan 4 game yakni Game Casual dari MPL, Free Fire-Battleground, dan Pro Evolution Soccer (PES), dan satu gim lokal yang belum dapat disebutkan titelnya. Final event ini nantinya bakal digelar pada 1-2 Februari 2020 di ICE BSD Tangerang Selatan.