Sembilan Tokoh Muslim Raih Penghargaan Santri of The Year 2019

234
Sembilan Tokoh Muslim Raih Penghargaan Santri of The Year 2019

Direktur Pesantren Al-Nahdlah Asrorun Niam Sholeh  menjadi salah satu peraih anugerah Santri of The Year 2019 untuk  kategori Santri Inspiratif Bidang Pendidikan yang diselenggarakan di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Kamis  (21/11/2019). Selain Asrorum Niam, nominator lainnya  untuk  penerima anugerah santri inspiratif  adalah Prof. Dr. Mutawali, M.Ag yang merupakan (Rektor IAIN Mataram Nusa Tenggara Barat. Serta Prof Dr. KH. Imam Taufik, M.Ag, yang saat ini menjabat Rektor IAIN Walisongo Semarang Jawa Tengah.

Salah satu kriteria  dipilihnya Ni’am sebagai Santri of The Year 2019  adalah konsistensi dan dedikasinya dalam dunia pendidikan. Sekalipun ia menjabat sebagai pejabat publik, dunia pendidikan tidak pernah ia tinggalkan.  

Direktur Islam Nusantara Center (INC)  A. Ginanjar Sya’ban  mengatakan, Asrorun Niam tetap konsens mengurus pendidikan, baik dalam kapasitas sebagai Dosen di UIN Jakarta maupun sebagai pengasuh di Pesantren al-Nahdlah yang beliau dirikan.  Di tengah kesibukannya sebagai pejabat publik,  masih tetap mengajar.  “Bahkan beliau masih tetap istiqamah mengajar kitab di Masjid kediamannya setiap Ahad secara rutin hingga kini” ujar Direktur Islam Nusantara Center (INC)  A. Ginanjar Sya’ban yang menjadi penyelenggara anugerah ini. 

Selama ini dosen Pascasarjana UIN Jakarta ini telah menulis lebih dari 25 judul buku. Di antaranya berjudul Membangun Profesionalitas Guru,  Perpustakaan Jendela Peradaban,  Panduan Sekolah dan Madrasah Ramah Anak,  Detik-Detik Perlindungan Anak. Ia juga menulis berbagai buku daras,  baik untuk sekolah maupun perguruan tinggi. 

Di samping melalui riset ketokohan oleh panitia,  penetapan juga dilakukan melalui partisipasi publik dengan voting terbuka. Ada lebih sembilan ratus ribu pemilih terlibat dalam voting.  “Ada penilaian panitia dalam menentukan nominator,  dan penentuan dari tiga nominator tersebut adalah oleh publik”, ujar Ginanjar 

Berita Lainnya  Bendungan Way Sekampung Lampung Ditargetkan Selesai Akhir Tahun

Saat menerima anugerah, Niam menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dewan Juri,  Panitia, dan juga masyarakat yang telah mempercayainya sebagai Santri Inspiratif Bidang Pendidikan.

Menurutnya Penghargaan ini sebagai kebanggaan sekaligus amanah,  dan motivasi untuk terus berupaya memantaskan diri dengan penghargaan ini melalui peningkatan khidmah untuk santri dan bangsa.

Santri of The Year 2019 kali ini memberikan penghargaan kepada Santri dan pesantren inspiratif, mulai dari bidang budaya,  pendidikan,  wirausaha,  kepemimpinan publik,  lembaga pesantren salaf, pesantren modern hingga Lifetime Achievement. Adapun nama-nama penerima Anugerah Santri Of The Year 2019 adalah:

1.Santri Inspiratif Bidang Dakwah :  Gus Miftah (KH. Miftah Maulana),  da’i. 

  1. Santri Inspiratif Bidang Pendidikan :  Asrorun Niam Soleh, Direktur Pesantren Al-Nahdlah,  Dosen UIN Jakarta
  2. Santri Inspiratif Bidang Kepemimpinan Pemerintahan Provinsi :  Hj. Chusnunia Chalim Wagub Lampung
  3. Santri Inspiratif Bidang Kepemimpinan Kabupaten/Kota :  Hj. Umi Azizah Bupati Tegal
  4. Pesantren Salaf Inspiratif : PP. Ashabul Kahfi Semarang
  5. Pesantren Modern Inspiratif : PP An-Nur II Malang
  6. Pesantren Entrepreneur : PP Al-Ashriyah Nurul Iman Bogor
  7. Pesantren Takhassus : PP Madarijul ‘Ulum Lampung

9. Penghargaan Khusus Santri Mengabdi Sepanjang Hayat : Penerima KH. Maimun Zubair/Mbah Moen (Diwakili oleh Gus Taj Yasin).