Berharap Berkah Ekonomi dari Tol Pertama Aceh

289
Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 4 mulai beroperasi. Tol pertama di Aceh sepanjang 14 kilometer ini telah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo, Selasa (25/8). (foto: istimewa)

Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 4 mulai beroperasi. Tol pertama di Aceh sepanjang 14 kilometer ini telah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo, Selasa (25/8).

Menurut Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero), Budi Harto, tol ini akan membuka akses darat dari Kota Banda Aceh ke Kota Sigli maupun sebaliknya. Tak hanya itu, keberadaan tol ini dapat memangkas waktu tempuh perjalanan.

“Jika sebelumnya saat melewati jalan nasional perjalanan kedua kota mencapai 2-3 jam, dengan hadirnya jalan Tol Sigli – Banda Aceh ini dapat mempersingkat waktu tempuh antar kedua kota menjadi hanya 1 jam saja,” papar dia.

Hal ini tentunya membawa dampak positif terhadap perekonomian di Aceh. Akses ke bandara akan semakin mudah semakin cepat. Pertumbuhan ekonomi juga bergerak lebih cepat.

Budi pun menyampaikan rasa bangga dan antusias dari masyarakat Aceh atas diresmikannya Tol Sigli – Banda Aceh seksi 4. Keberadaan tol ini tak lepas dari dukungan pemerintah dan masyarakat Aceh tentunya.

“Setelah Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) di tahun 2018 silam, proses pembebasan lahan minim kendala. Pembangunan tol terbilang cukup pesat,” ungkap dia. Selain itu, walaupun pandemi Covid-19, namun seluruh pekerjaan terus diupayakan berjalan dengan pemberlakuan protokol kesehatan yang ketat.

Direktur Operasi I Hutama Karya, Suroto menambahkan, setelah Surat Keputusan Penentuan Tarif Tol oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terbit, Hutama Karya baru mengenakan tarif ruas tol ini.

“Saat ini baru masa sosialisasi dan masih gratis,” kata Suroto. Sosialisasi dilakukan secara offline dan online, mengingat ini merupakan tol pertama bagi masyarakat di Provinsi Aceh. Bentuk sosialisasi seperti informasi mengenai aturan dan tata tertib berkendara di jalan tol, call center yang dapat dihubungi, himbauan berkendara dengan selamat, dan sebagainya.

Berita Lainnya  Kota Pariaman Terima Bantuan Bedah Rumah 1000 unit dari PUPR

Tol Sigli – Banda Aceh memiliki panjang 74 km dan dimiliki oleh Hutama Karya yang berkolaborasi dengan PT Adhi Karya Tbk (Persero) selaku kontraktor. Tol ini mulai dikerjakan sejak 2018 dengan investasi sebesar Rp12,944 triliun.

Ruas tol ini terdiri dari Seksi 1 Padang Tiji -Seulimun (25 km), Seksi 2 Seulimun – Jantho (6 km), Seksi 3 Jantho – Indrapuri (16 km), Seksi 4 Indrapuri -Blang Bintang (14 km), Seksi 5 Blang Bintang – Kuto Baro (8 km), dan seksi 6 Kuto Baro – Baitussalam (5 km).

“Hutama Karya selaku BUMN di bidang pembangunan infrastruktur yang kini merambah sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) juga terus berupaya memberikan pelayanan terbaik dalam membangun infrastruktur, sehingga perusahaan terus dapat mendukung rencana pemerintah tersebut,” imbuh Budi.